Wednesday, 5 October 2011

10 Rahsia Kejayaan Steve Jobs ketika buat Presentation

1. Bukalah presentasi dengan “success story”


Steve Jobs tidak mengawali presentasi launching produk iPad dengan menjelaskan produk iPad itu
sendiri.  Beliau mengawalinya dengan menceritakan beberapa kisah sukses Apple dan yang paling
dahsyat adalah Apple telah menjadi perusahaan yang memperoleh pendapatan lebih dari $50 Billion
dalam setahun.  Darimana sumber pendapatan Apple terbesar?  Menurut Steve Jobs ada 3 sumber
yaitu iPod, Macbook & iPhone.  Hal inilah yang membuat Steve Jobs mengklaim Apple sebagai
perusahaan “mobile devices” terbesar di dunia.  Jadi, ada baiknya awali presentasi launching produk
anda dengan kisah sukses produk anda sebelumnya jika ada.

2. Gunakan kutipan untuk menambah kredibilitas anda

use quotes for credibility

Ada baiknya kita menggunakan “quote” atau “kutipan” untuk menambah kredibilitas dari pernyataan
kita.  Kutipan bisa berasal dari orang terkenal misalnya Leonardo Da Vinci, Abraham Lincoln, Obama
dsb, ataupun dari lembaga yang terpercaya seperti Wall Street Jurnal yang digunakan Steve Jobs dalam presentasi launching iPad-nya.  Gunakan juga gambar yang relevan dengan kutipan anda jika
memungkinkan seperti yang digunakan oleh Steve Jobs pada gambar diatas.

3. Ingatkan konsumen akan kebutuhan dasar mereka.

reveal basic consumer needs

Mengapa para penggila produk Apple selalu tertarik membeli produk baru Apple? Karena Steve Jobs sangat ahli menghipnotis audiens dengan membuat mereka seolah-olah membutuhkan produk Apple
tersebut.  Steve Jobs selalu memulai dari kebutuhan pengguna Apple dan meyakinkan bahwa Apple
bisa menjawab semua kebutuhan itu.  Pada launching iPad, Steve Jobs menerangkan bahwa dibutuhkan produk di tengah-tengah iPhone & Macbook yang bisa digunakan untuk browsing, email, photos, video, music, games & ebooks.  Semuanya itu adalah hal-hal yang kita lakukan sehari-hari.  Sungguh pintar
sekali bagaimana Steve Jobs mengkondisikan kebutuhan pengguna.

4.  Hadirkan peran antagonis, sebelum pahlawan muncul!

Netbook as antagonist

Steve Jobs sangat pintar menghadirkan peran antagonis di dalam launching produk barunya.  Pada
waktu launching komputer Apple yang pertama, Steve Jobs menggunakan IBM sebagai peran antagonis
alias musuh bersama.  Steve Jobs menggunakan Netbook sebagai pemeran antagonis pada launching
iPad ini.  Dimana Netbook diposisikan sebagai komputer yang lambat, layar kualitas rendah dan menggunakan perangkat lunak dari PC.
Netbook aren’t better than anything.
Demikian kata Steve Jobs untuk menggambarkan posisi dari Netbook.  Sungguh kata-kata yang
cukup menusuk, namun begitulah Steve Jobs menggambarkan peran antagonisnya.

5.  Gunakan animasi yang tepat untuk memberikan efek emosional.

Drop effect on netbook

Setiap slide yang digunakan oleh Steve Jobs sarat dengan makna, bahkan jika beliau menggunakan
animasi di dalam slide sekalipun.  Jarang sekali Steve Jobs menggunakan animasi yang menimbulkan distraction pada audiens.  Animasi yang digunakan oleh Steve Jobs biasanya untuk mendapatkan efek emosional dari audiens.  Contohnya animasi drop text effect pada kata-kata Netbook yang digunakan
untuk memperlihatkan rendahnya kualitas Netbook.  Sementara setelah itu datanglah iPad dengan
animasi yang sungguh meyakinkan & menunjukkan keperkasaan sebuah iPad pada gambar di bawah ini.

iPad launch

6.  Sentuh hati audiens dengan demonstrasi fisik.

iPad demonstration

Kepiawaian Steve Jobs dalam presentasi ditambah dengan kemampuan demonstrasi produk yang luar
 biasa.  Saya masih ingat waktu launching Macbook Air, Steve Jobs mengeluarkan Macbook Air dari
dalam amplop besar untuk menunjukkan seberapa tipisnya Macbook Air tersebut.  Pada launching iPad
ini, Steve Jobs memegang iPad-nya seperti gambar diatas untuk menunjukkan seberapa kecil, ringan & tipisnya iPad .  Akibatnya wow efek pun tercipta dimana penonton berdecak kagum dengan bentuk fisik
dari iPad.  Jadi, gunakan demonstrasi fisik jika memungkinkan, apalagi jika anda menawarkan produk
yang bisa dilihat secara fisik.

7. Tunjukkan kepada audiens, pengalaman menggunakan produk.

Steve Jobs demo on iPad

Memang sangat langka sekali seorang CEO yang begitu ahli mendemokan penggunaan produknya
sendiri.  Steve Jobs tidak membutuhkan kepala bagian produk atau teknis untuk mendemonstrasikan
iPad.  Beliau betul-betul menunjukkan pengalaman menggunakan iPad yang begitu mudah dan menyenangkan dengan tangannya sendiri.  Tunjukkan pengalaman penggunaan produk anda sendiri,
maka audiens anda pun akan mempercayai bahwa produk anda memang luar biasa.  Tidak peduli
apakah anda seorang CEO ataupun direktur Marketing, ada baiknya anda mulai mendemonstrasikan penggunaan produk anda sendiri, tanpa bantuan dari kepala bagian produk, dan rasakan perubahan
yang terjadi dalam launching produk anda.

8. Gunakan angka dengan cerdas untuk meyakinkan audiens.

Use number to support fact
iPad adalah suatu produk baru, biasanya orang akan cenderung reluctant terhadap suatu produk
baru.  Orang akan cenderung untuk takut menggunakan produk baru karena takut untuk menyesuaikan
diri.  Steve Jobs dengan pintar menunjukkan fakta bahwa ada lebih dari 75 juta pengguna iPod & iPhone yang tau bagaimana menggunakan iPad karena “user experience” yang sama. Sungguh permainan angka
yang cerdas, sehingga beliau membuat audiens tidak kuatir dengan cara penggunaan iPad.

9.  Save the price for the last.

iPad Price

Setelah membuai audiens-nya dengan kehebatan iPad, barulah Steve Jobs melakukan “Call to Action” dengan menyebutkan harga jual dari iPad.   Bahkan beliau menjelaskan bahwa Apple tidak hanya
berusaha untuk menjadi superior dalam teknologi, tapi juga membuat iPad terjangkau harganya untuk kebanyakan orang dengan harga $499.  Steve Jobs tidak pernah menyebutkan harga produk sebelum
ia menerangkan semua kelebihan produknya.

10.  Simpulkan presentasi anda dalam satu kalimat saja.

One word means a lot

Presentasi Steve Jobs boleh panjang, tapi beliau bisa menyimpulkan arti dari presentasinya hanya dalam
satu kalimat saja.  Ini berarti pesan yang ingin disampaikan oleh Steve Jobs sangat jelas, sehingga cuma
butuh satu kalimat untuk menjelaskannya.  Jadi, apakah iPad menurut Steve Jobs dalam 1 kalimat?
Our most advanced technology in a magical & revolutionary device at an unbelievable price.
Itulah 10 jurus yang bisa dipelajari dari Steve Jobs sewaktu launching iPad, mudah-mudahan berguna
untuk membuat presentasi kita berikutnya yang lebih baik.  Bagaimanapun, tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs telah diumum meninggal dunia setelah bertahun berjuang melawan kanser yang dihadapinya....

No comments:

Post a Comment